Cara membuat Multi User dalam satu PC/Laptop Menggunakan Software "Aster V7" (support Windows 7 dan 8)

Posted by K-One Production on 00.16

Multi User
PC Cloning (Multi User)
Tulisan kali ini saya tujukan khusus untuk seorang Partnner Terbaik saya Mr. Sulaiman,  jikalau ada pengunjung lain yang berkenan baca tulisan saya ini dipersilahkan... :) 

Langsung kepokok permasalahan, sesuai judulnya Cara membuat Multi User dalam satu PC/Laptop Menggunakan Software "Aster V7" atau biasa disebut dengan istilah PC Cloning.

PC Cloning ini bisa kita gunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya :
1) Untuk Warnet 
2) Laboratorium Komputer sekolah
3) Laboratorium Bahasa
4) Perpustakaan
5) Café dan karaoke
6) Kasir dan pembukuan toko
7) Rental Komputer
8) Lembaga Bimbingan dan Kursus, dll

Lalu apa saja yang kita butuhkan :
1) PC/Laptop
2) Monitor/LCD, Keyboard, mouse, Usb Hub sesuai kebutuhan jumlah user
3) VGA Card sesuai kebutuhan jumlah user.
4) Kabel-kabel sesuai jumlah user dan panjang lokasi. (kabel VGA, dll)

5) Software Aster V7, maksimal 6 user

Langkah-langkah :
Pertama Pasang VGA Card ke Mainboard disocket yang sesuai dengan jenis VGA yang kita gunakan dan Install Windowsnya jika belum di instal. lalu Install Driver VGAnya.

Socket Mainboard
Socket pada Mainboard 
VGA Card - PCI Expres x16
VGA Card - PCI Expres x16
Converter DVI to VGA
Converter DVI to VGA
Contoh VGA Card diatas bisa digunakan untuk 2 User atau 2 monitor menggunakan converter DVI. Ringkasnya, 1 PC dengan VGA Card seperti contoh diatas sudah bisa digunakan untuk 3 user sekaligus ( 3 in 1). 1 Monitor/Lcd terhubung langsung ke VGA onboard, 2 lainnya terhubung ke VGA Card. Jika ingin menambah user lagi harus menambah VGA Card lagi atau bisa juga menggunakan converter Usb To VGA untuk lebih menghemat biaya. Tapi ada sedikit masalah dalam penggunaan Converter Usb To VGA ini, Port USB pada mainboard harus menggunakan USB 3.0 (biasanya Port berwarna Biru). Jika Port USB pada Mainboard masih USB 2.0 maka resolusi gambar tidak dapat dirubah/mentok di 800x600px tampilan layar seperti komputer jadul. Tapi jagan khawatir, kita masih bisa menggunakan USB 3.0 Card tentunya dengan tambahan sedikit biaya lagi... :D
Berikut contoh gambarnya : 

Converter USB To VGA (usb 3.0)
Converter USB To VGA (usb 3.0)
USB 3.0 Card - PCI Expres x1
USB 3.0 Card - PCI Expres x1 (4 Port)
Bisa untuk 4 VGA menggunakan converter Usb To VGA
Sebetulnya akan jauh lebih hemat jika menggunakan Converter USB To VGA, tapi saya sendiri belum mencoba menggunakan Converter USB To VGA lebih dari 1 user. Jadi saya belum tau apakah bekerja dengan baik atau tidak. Yang sudah saya uji coba menggunakan 1 VGA Card dan 1 Usb To VGA, sejauh ini berjalan dengan lancar. 

Langkah kedua Pasang semua monitor/lcd ke tiap VGA, atur resolusiya agar sama dan lihat hasilnya. Apakah sudah terhubung semua atau menampilkan gambar semua. Caranya klik kanan di Desktop pilih Screen Resolution (windows 7). Pengaturannya lebih kurang seperti ini :
Tampilan Layar
Pengaturan Resolusi Tampilan Layar
Klik "Identify" untuk memeriksa masing-masing urutan nomor pada monitor/lcd. Setelah monitor/Lcd bekerja dengan baik, langkah selanjutnya memasang keyboard dan mouse untuk masing masing user. Bisa langsung ditancapkan pada Port Usb dan PS2 yang terdapat pada mainboard atau bisa menggunakan USB Hub sebagai penghubung. Tancapkan satu persatu agar tidak bentrok antara satu sama lain.
USB HUB 28 Port
USB HUB 28 Port
Setelah semuanya bekerja dengan baik tidak ada masalah (saya anggap tidak ada masalah). Langkah selanjutnya yaitu membuat User sebanyak yang dibutuhkan. caranya, Buka control Panel melalui start menu - Control Panel - Add or Remove user accounts - create new user. Ulangi langkah-langkah membuat user sejumlah yang dibutuhkan. Urutannya sebagai berikut :
1. Buka Control Panel
2. Add oor Remove user accounts
3. create a new user
4. Buat nama user yang berbda-beda,
Pilih standar atau administrator (standar akses terbatas, administrator full akses)
Lalu Create Account
5. User baru yang telah dibuat
ulangi langkah-langkahnya untuk membuat user berikutnya
(gunakan nama yang berbeda)
Setelah User berhasil dibuat saatnya menginstal Aster V7 yang bisa di download disini. Untuk cara instal dan pengaturannya akan saya lanjutkan nanti, berhubung kopi sama rokok sudah habis jadi saya mau istirahat dulu...hehehe




Simple Photography Community
K-One Production | Simple Photography Community


Yudi Kurniawan
K-One ProductionUpdated: 00.16

Popular Posts

YouTube


CB