Widows Blank Screen Saat Star Up (Desktop tidak Tampil)

Posted by K-One Production on 00.55

Selamat malam K-One Photoworks, cerita sedikit peristiwa sore ini. Saya kedatangan salah satu teman Operator Sekolah (OPs) dengan membawa sebuah Laptop Ac**r (dilarang sebut merk..hehehe). Saya pikir mau dikasih ke saya laptopnya, ternya ada hal yang ingin dia tanyakan. Begitu masuk dia langsung menghidupkan laptopnya dan membiarkan saya melihat proses bootingnya, hingga beberapa menit berlalu si Laptop tidak menunjukkan kegagahan. Hanya diam membisu dengan tampilan layar hitam yang sangat tidak mempesona buat saya... :D


Kemudian keheningan terpecah ketika saya bertanya, "si dekstop kemana, kok gak mau tampil cuma ada cursor mouse nya aja yang menodai warna hitam pekatnya". Kemudian teman saya bilang "itulah yang ingin saya tanyakan, tiba-tiba si laptop jadi seperti ini"

Hmmm...ternyata ini permasalahannya, dengan sedikit sok tau lalu saya katakan "mungkin terkena virus". Kemudian saya coba beberapa cara yang saya pikir mungkin akan bekerja. Saya coba eksekusi Task Manager nya dengan menekan tombol "ctrl+alt+del". Kemudian Task Manager muncul, saya lihat beberapa proses berjalan dengan baik, namun ada satu nama proses yang belum saya kenal. Saya mencoba mematikan proses tersebut dan berharap ini lah biang keladinya. Tapi setelah saya mematikan proses tersebut ternyata tidak ada perubahan apa-apa.

Tanpa pikir panjang lagi saya langsung teringat sama "abang Google". Tanpa perlu waktu lama si abang menunjukkan kejeniusannya. Dari beberapa referensi yang saya temukan, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan si Lepi (laptop) menjadi seperti itu, saya tidak akan menjelaskan panjang lebar disini K-One Photoworks bisa mendapatkan penjelasannya melalui abang google...

Dari kasus yang sedang saya hadapi, saya hanya mengambil satu kesimpulan sebab dari awal kejadian melihat kondisi si lepi tersebut saya meyakini hanya ada program/software yang bermaslah. Kemudian saya mencoba masuk ke Control Panel dengan menggunakan Task Manager, seperti yang saya katakan diawal. Beruntung Task manegernya masih berfungsi. Jika K-One Photoworks mengalami hal yang sama munngkin bisa di coba cara yang saya lakukan.

Pertama buka task manager dengan cara tekan kombinasi keyboard "ctrl+alt+del", kemudian pilih menu File > run new task lalu ketik "appwiz.cpl" (tanpa tanda kutip) ini berfungsi untuk menampilkan jendela uninstall program/untuk menghapus program yang terpasang di laptop. perhatikan dengan seksama daftar program/software yang ada jangan sampai salah menghapusnya.

 tips mengatasi windows blank tidak masuk ke desktop
Task Manger
 tips mengatasi windows blank tidak masuk ke desktop
Task Manaer > appwiz.cpl
Dalam kasus yang sedang saya hadapi kali ini, saya tidak menghapus program yang ada, akan tetapi mata saya langsung tertuju pada menu "view installed update" yang ada disebelah kiri. Sebab diawal saya sudah menghapus beberapa program yang menurut saya sangat tidak dibutuhkan oleh teman saya, namun tidak merubah apapun. Berdasarkan beberapa referensi yang diberikan abang google, kemungkinan terbesar permasalahannya adalah program update nya. Setelah terlihat daftar update, saya langsung melihat pada tanggal update nya dan mencari tanggal uptade yang terbaru, berdasarkan penjelasan teman saya, terakhir si lepi masih dalam kondisi baik hinggal tadi siang. itu artinya saya harus menghapus file yang tanggalnya sama persis dengan hari kejadian si lepi menjadi gelap gulita...
tips mengatasi windows blank tidak masuk ke desktop
Tampilan Jendela Uninsall Program
 tips mengatasi windows blank tidak masuk ke desktop
Tampilan Jendela Uninstall Update
Setelah menemukan tanggal yang sama, tanpa pikir panjang lagi saya langsung menghapus semua program tersebut, kemudian me-restart si lepi. Setelah beberapa saat si Lepi hidup kembali dan semua nya normal. Teman saya langsung mencoba membuka beberapa Program penting untuk pekerjaannya, semuanya berjalan sempurna tanpa kendala...

Demikianlah cerita singkat saya malam ini, semoga berguna bagi K-One Photoworks yang mengalami hal yang sama. Mohon maaf jika tulisan ini tidak mudah di mengerti, jika berkenan mari berbagi pengalaman dan ilmunya disini, tinggalkan sedikit celotehan K-One Photoworks di komentar, saya akan sangat senang sekali.

Selamat Malam, Wassalam....Semoga hari-hari nya menyenangkan....


Yudi Kurniawan
K-One ProductionUpdated: 00.55

Popular Posts

YouTube


CB